Selasa, 06 Mei 2014

ISLAM TIDAK DISEBARKAN DENGAN PEDANG

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيم

Keluhan umum di kalangan non-Muslim adalah Islam tidak akan memiliki jutaan penganut jika Islam tidak disebarkan dengan kekerasan. Poin-poin berikut ini menjelaskan bahwa selain disebarkan dengan pedang, Islam juga disebarkan oleh kekuatan kebenaran, nalar, dan logika dan menyebabkan penyebaran Islam menjadi pesat.

1.      Islam berarti damai
Islam berasal dari akar kata “salâm” yang berarti damai. Makna lain adalah penyerahan diri seseorang kepada ALLAH. Dengan demikian Islam adalah agama kedamaian yang diperoleh dengan penyerahan kehendak seseorang kepada kehendak ALLAH.

2.      Kekerasan kadang harus digunakan untuk memelihara kedamaian
Tidak setiap orang mendukung pemeliharaan kedamaian dan keharmonisan. Ada banyak orang yang akan merusak kedamaian demi kepentingan mereka sendiri. Ada kalanya kekerasan harus digunakan untuk memelihara kedamaian. Untuk alasan inilah maka kita mempunyai polisi yang bertugas menggunakan kekerasan kepada para penjahat untuk menjaga kedamaian di suatu negara.
Islam menjunjung tinggi kedamaian. Pada saat yang sama, Islam mendesak para penganutnya untuk melawan penindasan di manapun. Perlawanan terhadap penindasan mungkin terkadang menghendaki digunakannya kekerasan. Dalam Islam, kekerasan hanya boleh digunakan untuk menjunjung kedamaian dan keadilan.

3.      Pernyataan sejarawan De Lacy O’Leary
O’Leary memberikan jawaban terhadap kekeliruan pandangan bahwa Islam disebarkan dengan pedang dalam “Islam at the Cross Road” (hal. 8). Ia menyatakan:
“Sejarah menjelaskan, bagaimanapun bahwa legenda tentang orang-orang Islam fanatik menyapu dunia dan memaksakan Islam sampai menggunakan pedang atas bangsa-bangsa yang ditaklukkannya adalah mitos luar biasa fantastis yang pernah diulang-ulang para sejarawan.”

4.      Kaum Muslim memerintah Spanyol selama 800 tahun
Kaum Muslim memerintah Spanyol selama sekitar 800 tahun. Kaum Muslim tidak pernah menggunakan pedang untuk memaksa orang berpindah agama. Setelah itu, kaum salibis datang ke Spanyol dan meyapu bersih kaum Muslim. Tidak ada seorang Muslimpun di Spanyol yang bisa terang-terangan mengumandangkan adzan.

5.      14 juta orang Arab adalah Kristen Koptik
Kaum Muslim adalah penguasa Jazirah Arab selama 1400 tahun. Selama beberapa tahun Inggris berkuasa dan beberapa tahun Perancis juga berkuasa. Secara keseluruhan, kaum Muslim berkuasa di tanah Arab selama 1400 tahun. Namun, saat ini terdapat 14 juta orang Arab yang memeluk Kristen Koptik selama ratusan generasi. Jika kaum Muslim menggunakan pedang tentu tidak akan ada satupun orang Arab yang tetap beragama Kristen.

6.      Terdapat 80% non-Muslim di India
Kaum Muslim memerintah India selama sekitar 1000 tahun. Kalau mereka mau, mereka tentu punya kekuatan untuk membuat setiap non-Muslim India masuk Islam. Kini lebih dari 80% penduduk India adalah non-Muslim. Semua orang India non-Muslim itu adalah saksi bahwa Islam tidak disebarkan dengan pedang.

7.      Indonesia dan Malaysia
Indonesia adalah negara dengan penduduk Muslim terbanyak di dunia dan mayoritas penduduk Malaysia juga adalah Muslim. Orang boleh bertanya, “Pasukan Muslim mana yang menyerbu Indonesia dan Malaysia?”

8.      Pesisir timur Afrika
Islam juga menyebar cepat di pesisir timur Afrika. Orang boleh bertanya lagi, jika Islam disebarkan dengan pedang, “Pasukan Muslim mana yang menyerbu pesisir timur Afrika?”

9.      Tidak ada paksaan dalam Islam
Dengan pedang yang mana Islam disebarkan? Sekalipun kaum Muslim punya pedang, mereka tidak bisa serta merta menggunakannya karena ALLAH berfirman dalam Al-Quran Suroh Al-Baqoroh ayat 256:
“Tidak ada paksaan untuk (memasuki) agama (Islam); sesungguhnya telah jelas jalan yang benar daripada jalan yang sesat ……”

10.  Pedang intelektual
Inilah pedang pengetahuan, yaitu pedang yang menaklukkan hati dan pikiran orang. Dalam Suroh An-Nahl 125 ALLAH berfirman:
“Ajaklah (manusia) kepada jalan Rabbmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik ……”

11.  Agama dengan peningkatan tertinggi pada 1934-1984
Sebuah artikel dalam “Reader’s Digest ‘Almanac” 1986 menyampaikan data statistik tentang peningkatan persentase agama-agama di dunia dalam setengah abad, yaitu sejak 1934 hingga 1984. Artikel yang juga dimuat dalam majalah The Plain Truth ini menyebutkan Islam menduduki tempat teratas dengan peningkatan 235%, sedangkan Kristen hanya meningkat 47%. Orang mungkin bertanya, “Perang mana yang terjadi pada abad ini yang membuat jutaan orang masuk Islam?”

12.  Agama dengan perkembangan tercepat di Amerika dan Eropa
Saat ini, agama yang paling pesar perkembangannya di Amerika dan Eropa adalah Islam. Pedang mana yang memaksa mereka untuk menerima Islam dalam jumlah sebesar itu?


Thanks for reading  ^_^

Sumber:
Buku “Mereka Bertanya, Islam Menjawab”, 2013, karya Dr. Zakir Naik, Prof. Dr. Shalah Shawi, Syaikh Abdul Majid Subh

PS:

Silakan kalau mau copy-paste, namun kalau tidak keberatan mohon sertakan link-back ke blog ini. Terima kasih.



Related Posts:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar