Sabtu, 23 Juni 2012

MENGAPA PENGANUT ISLAM MAYORITAS DI INDONESIA?


بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيم

Sedikitnya ada lima alasan mengapa Islam mempunyai penganut mayoritas di Indonesia (silakan tambahkan kalau ada pemikiran lain).

1.   Islam adalah agama yang biaya ibadahnya “murah”
Tidak seperti halnya Hindu dan Budha, ibadah dalam Islam bisa dibilang “murah”, karena tidak memerlukan sesajen dan hal semacamnya. Dalam dua kepercayaan tersebut, semakin banyak sesajen maka semakin bagus, sehingga semakin bagus ibadahnya, maka semakin mahal biayanya. Hal ini tidak berlaku dalam Islam, sehingga masyarakat lebih memilih berpindah ke Islam.

2.   Masyarakat yang ikut-ikutan
Untuk mengislamkan suatu masyarakat, maka cara yang paling mudah adalah mengislamkan dulu pemimpinnya. Raja-raja dahulu diajak masuk Islam, dan setelah masuk Islam, kemudian rakyatnya pun mengikuti apa yang dilakukan raja mereka.

3.   Ketakutan pada Islam
Karena Islam semakin berkembang pesat, masyarakat yang non-Islam menjadi takut pada Islam karena mereka kemudian menjadi minoritas (dari yang tadinya mayoritas). Mereka kemudian ikut memeluk Islam supaya bisa termasuk dalam kaum mayoritas.

4.   Islam vs Kristen
Masyarakat dihadapkan pada dua pilihan kekuatan (yang berkembang saat itu), Islam dan Kristen. Adanya stigma negatif masyarakat terhadap Kristen karena Kristen dianggap sebagai agama penjajah menjadikan mereka lebih memilih Islam daripada Kristen.

5.   Masyarakat memang benar-benar ikhlas masuk Islam
Masyarakat memang benar-benar ikhlas dan mendapat hidayah untuk masuk Islam, tanpa ada paksaan atau keempat alasan di atas.

Seorang sejarawan yang saya lupa namanya siapa karena saya mengetahuinya dulu sekali dan dicari di internet juga tidak ketemu-ketemu, mengatakan bahwa penganut Islam bisa menjadi mayoritas di Indonesia bukan karena mereka ingin (secara ikhlas) masuk Islam. Oleh karena itu, praktek sesajen (bahkan sering dilakukan saat hari besar Islam), percaya jimat dan tempat-tempat keramat, atau minta restu orang (tokoh agama) yang sudah meninggal, masih banyak dilakukan oleh masyarakat Islam, karena mereka belum bisa lepas sepenuhnya dari tradisi leluhurnya. Dan itu membuktikan bahwa leluhur mereka dahulu sebenarnya tidak benar-benar ikhlas memeluk Islam.


Thanks for reading  ^_^

PS:
Silakan kalau mau copy-paste, namun kalau tidak keberatan mohon sertakan link-back ke blog ini. Terima kasih.



Related Posts:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar